3 LANGKAH MENCAPAI SELF-LOVE



Mencintai diri sendiri adalah suatu kondisi penghargaan terhadap Dzat Maha yang menjadikan diri. Rasa khidmat yang tumbuh dari tindakan kesadaran yang sudah mau mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, mental dan spiritual dirinya sendiri. Makanya cinta diri tidak bisa tumbuh bersemi di dalam diri seseorang yang masih mengabaikan dirinya sendiri.

Di dalam lingkungan sosial kita masih menyimpan belief kuat kalau mengabaikan diri untuk memperhatikan orang lain adalah suatu bentuk cinta yang murni. Akibatnya orang-orang yang belajar menghargai dirinya sendiri sering dicap sebagai orang yang egois. 

Itu karena masyarakat kita belum begitu bisa membedakan apa itu tindakan egois dan apa itu tindakan mencintai diri.

Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Mencintai diri itu tindakan bertanggungjawab penuh dengan diri sendiri terlebih dahulu. Mencintai diri sendiri berarti Anda menjunjung tinggi kesejahteraan dan kebahagiaan diri Anda sendiri. Mencintai diri sendiri berarti Anda akan mengurus kebutuhan diri sendiri dan tidak mengorbankan kesejahteraan orang lain untuk memenuhi kebutuhan diri Anda. 

Seseorang yang belum berhasil mencintai diri cenderung menuntut orang lain, dan menyalahkan mereka saat mereka tidak mampu/kesulitan memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Dari sinilah muncul sifat egois yang sebenarnya.

Selain membuat Anda mandiri, Self-Love juga memiliki beberapa manfaat :

- Kesehatan mental yang lebih baik

- Lebih banyak penerimaan diri

- Harga diri yang lebih tinggi

- Lebih banyak motivasi

- Tekad yang lebih kuat

- Peningkatan kesadaran diri

- Mengurangi kecemasan

Kabar baiknya adalah, meskipun bagi sebagian orang mencintai diri mungkin lebih sulit dibandingkan orang lain, siapa pun bisa belajar cara mencapai Self-Love. Itu karena dirimu adalah gerbang cinta murni Sang Pencipta. Bukalah gerbangnya, belajarlah mencintai diri sendiri. Lalu bagilah cinta itu dengan ketulusan yang murni. 

Salam Semeta

Lebih baru Lebih lama