Pesan Semesta.
melampaui batas menjadi satu

Jawaban Mitokondria : Apakah Penuaan Adalah Takdir?


Hidup untuk mati. Begitu kira-kira singkatnya apa yang di jalani manusia sejak awal kelahirannya didunia. Bukankah kita memang hidup untuk mati? Waktu yang seakan bergerak maju, sebenarnya hanya bergerak mundur. Seorang bayi lahir dan menjadi besar dengan terus menghitung mundur jatah hidupnya. Namun lucunya sebagian manusia merayakan setiap jatah waktu yang terpotong darinya. Kita tidak akan membahas tentang ucapan selamat ulang tahun disini. Kita akan berbicara tentang menjadi tua.

Menjadi tua adalah sebuah kepastian, umur manusia terus bertambah, meski tidak selamanya tuanya umur manusia sebanding dengan penuan jasadnya. Tua adalah keniscayaan. Penuaan jasad adalah pilihan.

Karena bagaimana penuaan itu berlangsung akan menjadi pilihan tiap jasad. Dalam hitungan mundurnya, jasad manusia akan terus kehilangan fungsi sel metokondria-nya. Namun sekali lagi, ini adalah pilihan. Apa yang kita pilih akan menentukan sebab akibat hidup kita. DIA memang menciptakan kita dengan sesuatu yang disebut kebebasan memilih. Kalau Anda memilih tua tanpa mengalami penuaan. Maka mohon berilah waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Setelah selesai membaca ini Anda akan setuju bahwa Tua adalah takdir, sementara penuaan adalah pilihan.

Sahabatku… Banyak hal yang membuat mitokondria kita rusak sehingga jasad kita menua. Sebenarnya penuaan tidak membutuhkan patokan umur, itulah kenapa ada istilah penuaan dini. Apabila Anda secara kebetulan mengalami gejala-gejala penuaann dini, maka sudah saatnya Anda memperhatikan jasad.

Jasad manusia terdiri dari sel-sel. Setiap organ kita adalah kumpulan sel. Didalam sel terdapat mitokondria. Fungsi singkat mitokondria ini adalah untuk memberikan energy kepada sel untuk tetap hidup dan juga memutuskan sel harus mati agar tidak tetap hidup. Sel yang seharusnya mati tapi tetap hidup hanya akan menyebabkan disfungsi, contohnya tumor dan kanker. Sementara sel yang seharusnya hidup namun mati juga adalah sumber disfungsi lainnya, contohnya segala gejala penuaan Anda.

Sahabatku… Agar kita terhindar dari penuaan jawaban utamanya adalah KITA HARUS MENJAGA MITOKONDRIA. Caranya adalah dengan menghindari apa yang membuat mitokondria rusak. Sehingga mitokondria tetap prima dan penuaan tidak terjadi. Mitokondria yang prima artinya adalah sel-sel yang prima. Sementara sel-sel yang prima adalah jasad yang prima.  

Lalu apa yang menyebabkan mitokondria rusak? Salah satu yang dibutuhkan mitokondria untuk menghasilkan semua energy dan melakukan fungsinya terhadap sel adalah oksigen. Mitokondria membutuhkan oksigen.

Mitokondria sama halnya seperti api yang akan padam tanpa oksigen, jika mitokondria kekurangan oksigen, mereka juga berhenti bekerja. Jadi oksigen bukan hanya berfungsi untuk bahan kita bernafas, tapi juga bahan kita mendapatkan energy. Tidak ada energy, tidak hidup!

Selain itu organel yang penting ini memiliki kapasitas untuk regenerasi, yang dikenal sebagai biogenesis mitokondria. Ada satu hal aktif yang dapat menggangu biogenesis mitokondria, satu hal itu adalah stress. Para peneliti menemukan bahwa kortisol mengubah fungsi mitokondria.

Berarti ada dua hal penting yang kita pelajari disini, tentang apa yang mampu menggangu mitokondria; yaitu kekurangan oksigen dan stress.  Sesuatu yang sama-sama berhubungan. Karena pastinya stress dapat menyebabkan darah kurang mengirimkan oksigen ke jantung dan otak. Kedua organ ini akhirnya melakukan banyak pekerjaan dan membutuhkan banyak energi. Tetapi tanpa oksigen, mitokondria berhenti bekerja, dan ini bisa menyebabkan sel-sel di otak atau jantung bisa rusak atau bahkan mati. Sebaliknya, jika oksigen kembali normal, maka mitokondria menjadi error, dia akan kewalahan dan menghasilkan banyak "radikal bebas". Ini adalah bahan kimia yang sangat reaktif yang akhirnya menyebabkan banyak kerusakan didalam jasad manusia.

Akhir kata yang bisa kita simpulkan adalah apabila manusia tidak mau metokondria-nya rusak dan tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka mau tidak mau kita harus mencoba untuk tidak atau mengurangi stress dan mencoba untuk menghirup lebih banyak oksigen berkualitas.

Sahabatku… Pastinya setiap sel yang membentuk jasad kita, akan terus menerus kehilangan fungsi sel metocondria-nya. Dan inilah asal muasal penuaan. Tua adalah umur yang terus berkurang, dan ini adalah keniscayaan, sementara penuaan jasad adalah pilihan. Tidak ada guna krim-krim anti aging, tidak ada guna seluruh vitamin-vitamin itu kalau Anda terus-terusan memilih stress dan membiarkan bumi dalam keminiman oksigen. 

Sahabatku… Penuaan tanpa menjadi tua adalah sangat mungkin. Tapi jelas kita tidak mau membuka pintu dan menggelar karpet merah bagi penuaan dini. Bahkan kita inginnya menjadi tua tanpa penuaan. Kalau begitu mari kita mulai dengan kasih sayang. Kasih sayang kepada diri dan kasih sayang kepada bumi.

Faktanya, setiap hari kita dihadapi dengan stress, dan oksigen yang dihasilkan bumi terus berkurang. Jadi jelas kita membutuhkan pilihan kesadaran kita sekarang. Setiap pilihan selalu harus dipilih diawal dengan kesadaran tanpa rasa penyesalan. Kesadaran yang didasari penyesalan adalah sakit hati yang perih. Meski tidak pernah ada kata terlambat untuk sebuah kesadaran.

Akhir kata sahabatku… KeadilanNYA bisa kita rasakan di segalanya. DIA memberi kita umur dengan memberi kita pilihan tentang umur kita sendiri. Hanya kadang kita saja yang tidak bisa memilih dengan kasih sayang. Sementara kasih sayangNYA meliputi segala takdirNYA.

Salam Semesta
Copyright © www.PesanSemesta.com

  •  
  •  
  • 0
  • Juni 23, 2019
admin16 admin16 Author

OFFICIAL CHANNEL



SUBSCRIBE ARTICLE

FREE E-BOOK

3# FREE DOWNLOAD E-BOOK - MENJADI AIR

DATABASE

COPYRIGHT

Seluruh artikel didalam website ini ditulis orisinil oleh tim penulis Pesan Semesta. Artikel yang kami share melalui website ini bukan hasil jiplakan, kutipan atau terjemahan.

Bagi pembaca yang ingin menghubungi penulis silahkan mengrim pesan melalui email : pesansemesta@yahoo.com


SALAM SEMESTA