BAGAIMANA BISA BERSYUKUR KALAU TIDAK CUKUP?


Mungkin sebagian kita ada yang bertanya “Bagaimana bisa bersyukur kalau tidak cukup?”

Sahabatku… Syukur itu akan selalu cukup. Saat kita bersyukur kita pasti selalu merasa cukup. Tidak mungkin merasa ‘tidak cukup’ sambil merasa bersyukur. Karena syukur yang tulus adalah rasa kecukupan itu sendiri.

Syukur yang tulus itu bukan sesuatu yang disebut, melainkan sesuatu yang dirasa. Saat mulut kita mengucapkan rasa syukur, tapi tidak disertai dengan rasa cukup. Maka pada saat itu kita telah membohongi segalanya.

Rasa itu adalah sesuatu yang tidak bisa dibohongi. DIA SANG MAHA MERASA tahu betul rasa-rasa makhlukNYA. Rasa itu adalah koneksi kita denganNYA.

Saat kita merasa cukup dengan segalanya. Berarti kita sudah menerima dan percaya bahwa segala sesuatu adalah anugerahNYA. Saat kita menerima dan percaya, maka kita tidak akan meragu. Jadi rasa cukup kita adalah cerminan dari rasa ketidak raguan kita kepadaNYA. Kita tidak ragu DIA MAHA MENYANYANGI, Kita tidak ragu DIA MAHA MEMBERI, dan Kita tidak ragu DIA MAHA MENCUKUPI.

Jadi kuncinya syukur yang tulus adalah merasa cukup. Untuk merasa cukup, maka langkah kita hanya satu, yaitu MENERIMA.

Kita menerima hidup dengan tulus dan tidak membandingkan hidup yang kita jalani dengan hidup orang lain. Kita menerima apapun dalam hidup sebagai anugerahNYA, bukan sekedar hasil kerja keras pribadi. Kita menghadapi apapun yang ada dihadapan sebagai pelajaran bagi diri.

Sahabatku… Pada moment kita sudah mampu merasa cukup, maka syukur yang tulus itu pun akan muncul. Syukur yang tulus tidak memiliki kalimat. Syukur yang tulus tidak lain selain ungkapan rasa kebahagiaan yang tertulus dari jiwa yang berbahagia. Inilah inti dari segala cita-cita.  

Jadi sahabatku… Kalau kita mau berbahagia dengan segala keadaan, cobalah untuk selalu memunculkan syukur yang tulus. Dan untuk memunculkan syukur yang tulus, cobalah untuk menerima. Karena penerimaan bukanlah akhir, melainkah awal dari aksi kita bersamaNYA.

Sahabatku… Mari terus beraksi agar kebahagiaan selalu menyertai kita. Mari terus beraksi agar rasa syukur yang tulus selalu berbunga dihati kita, dan mari terus beraksi agar selalu merasa cukup dengan segala anugerahNYA.

 

Salam Semesta

Copyright 2020 © www.pesansemesta.com


Lebih baru Lebih lama