Pesan Semesta.
melampaui batas menjadi satu

MENYAKSIKAN GERAKAN HEBAT MOLEKULAR DNA

 


“Tubuh harus menjadi penyaksian pertama, karena disitulah segalanya berada.”

Sahabatku… Dalam hidupnya, tubuh adalah bagian diri yang senantiasa bergerak. Bahkan dalam diamnya gerakan diri pun tubuh kita ini, masih saja terus bergerak dalam gerakan dinamis yang terarah cerdas.

Berbicara tentang gerakan tubuh, maka mau tidak mau kita akan berbicara tentang gerakan molecular. Itu semua, karena segala materi fisik semesta, terbentuk dari rangkaian molekul.

Ambil contoh DNA yang membentuk sel-sel tubuh manusia. DNA adalah molekul kompleks, yang berisi instruksi yang dibutuhkan organisme untuk berkembang, hidup, dan bereproduksi. Instruksi-intruksi ini ditemukan di dalam setiap inti sel.

Setiap 10 juta inti sel mengandung 1,8 meter DNA. Itulah kenapa molekul DNA sangat panjang, sehingga tidak dapat masuk ke dalam sel tanpa kemasan yang tepat.

Agar sesuai di dalam sel, DNA digulung erat untuk membentuk struktur yang kita sebut kromosom. Dimana dalam setiap kromosom, mengandung satu molekul DNA. Manusia memiliki 23 pasang kromosom, yang bisa ditemukan di dalam setiap inti sel.

Ini sangat menakjubkan. Tetapi akan lebih menakjubkan lagi, kalau kita mau menyaksikan bagaimana tubuh menyalin DNA dan membentuk kromosom-kromosom itu.

Terimakasih kepada tim animator Drew Berry di institute penelitian medis walter, dan eliza hall yang mau membuat animasi singkat nan menakjubkan dalam video ini.  

Perlu diketahui kalau berikut ini bukan sembarang animasi tiga dimensi. Ini adalah gambaran mendetail dari proses bagaimana molekul DNA bergerak dan bekerja.

Dalam animasi ini, terlihat dua untai DNA yang dilepaskan dan dipisahkan oleh mesin molekular biru kecil yang disebut helikase. Tahukah kalian kalau molekul ini benar-benar berputar dan bergerak secepat mesin jet! Gerakan cepat itu karena mereka tidak boleh telat membentuk sel baru buat tubuh kita.

Setiap hari, pada manusia dewasa, sekitar 50-70 miliar sel-sel tubuh mati. Mereka mati karena rusak, stres, atau hanya karena menjadi tua. Jadi pastinya, gerakan molecular DNA ini sangat berpengaruh pada kesejahteraan fisik kita dalam level yang sangat awal.

Hanya saja gerakan molecular DNA bukan gerakan yang sembrono. Gerakan mereka adalah gerakan cerdas yang sangat terprogram.

Perhatikanlah untai DNA di sebelah kanan memiliki untaian komplementernya yang dirangkai terus menerus. tetapi untai lainnya ternyata lebih rumit karena berjalan ke arah yang berlawanan.

Kalau dibiarkan seperti ini, maka DNA pasti akan jadi berantakan. Untuk mencegah DNA menjadi berantakan, DNA membungkus protein yang disebut histon, membentuk nukleosom.

Nukleosom ini digabungkan menjadi serat yang dikenal sebagai kromatin, yang selanjutnya dilingkarkan dan digulung untuk membentuk kromosom, yang merupakan salah satu struktur molekul terbesar di tubuh kita.

Lalu apakah kromosom yang sudah terbentuk merupakan struktur molekul yang statis? Sayangnya tidak! Kromosom adalah contoh molekul terbesar yang terus menerus bergerak.

Apabila kita masuk kedalam struktur molekul kromosom, maka akan benar-benar tampak robot-robot nano teknologi yang sengaja dibuat dengan memiliki 'kaki' yang panjang, sehingga dapat menghindari rintangan dan melangkahi kinesin, motor molekuler yang berjalan ke arah lain. Akibat adanya perpindahan data rumit yang terus menerus terjadi dalam satu kromosom.

Siklus perpindahan dan penyalinan data ini terus terjadi. Setiap detiknya, di dalam tubuh kita, terdapat milyaran sel membelah, menciptakan sel-sel baru, dan didalam tiap sel yang membelah terdapat proses menakjubkan yang tadi kita jabarkan.

Sebenarnya penjabaran kita ini hanyalah penjabaran yang sama sekali tidak detail. Kita hanya menyaksikannya dari kaca mata yang sangat awam.

Namun bahkan dari sini saja, sudah tampak sangat jelas, kalau memang segalanya dihidupkan untuk senantiasa bergerak.

Selalu ada gerakan didalam tiap gerakan. Uniknya lagi, setiap gerakan selalu memiliki makna dan arti yang akan terus menuntun akal untuk menyaksikan bukti kecerdasan pembentukan yang nyata.

Sahabatku… Perjalanan akal kita untuk memahami gerakan tubuh memang masih panjang. Kita baru masuk satu langkah ke dalam inti sel. Dan mendadak dibuat takjub akan kecerdasan molecular DNA yang sangat sempurna.

Bayangkan, apa yang akan tersaksikan, kalau kita masuk lebih dalam, kedalam molekul untuk menemukan yang lebih menakjubkan lagi?

Sahabatku… Jangan lupa subscribe channel Youtube Pesan Semesta, agar kita bersama-sama bisa belajar melalui semesta. sampai perlahan-lahan setiap bagian semesta kita bisa tersaksikan dengan khidmat.

Penyaksian adalah gerakan yang indah dan juga berliku. Namun dalam tiap likuannya, kita hanya akan takjub kalau ternyata semuanya memang sudah dibuat seindah dan senetral itu.  

Salam Semesta

Connect to Pesan Semesta Website : https://www.pesansemesta.com/ Instagram : https://www.instagram.com/pesansemest​... Facebook : https://www.facebook.com/pesan.semest​... https://www.facebook.com/OfficialPage​... #MengenalDiri #MoveIn​ #PesanSemesta​

  •  
  •  
  •  
  • 0
  • Maret 15, 2021
admin16 admin16 Author

OFFICIAL CHANNEL



SUBSCRIBE ARTICLE

FREE E-BOOK

3# FREE DOWNLOAD E-BOOK - MENJADI AIR

DATABASE

COPYRIGHT

Seluruh artikel didalam website ini ditulis orisinil oleh tim penulis Pesan Semesta. Artikel yang kami share melalui website ini bukan hasil jiplakan, kutipan atau terjemahan.

Bagi pembaca yang ingin menghubungi penulis silahkan mengrim pesan melalui email : pesansemesta@yahoo.com


SALAM SEMESTA