Pesan Semesta.
melampaui batas menjadi satu

Cara Meng-Upgrade Keyakinan Yang Tertanam Di Pikiran Bawah Sadar








Manusia memiliki dua pikiran yang selalu berlangsung didalam dirinya, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Lalu apa itu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar?

Pikiran sadar adalah pikiran yang biasa kita gunakan dalam keadaan sehari-hari, mulai dari kita bangun tidur hingga sebelum kita tidur. Pikiran sadar akan mengidentifikasi informasi-informasi yang terinput masuk, menganalisa, melakukan perbandingan, dan mengambil keputusan.

Uniknya apa yang dilakukan oleh pikiran sadar selalu tergantung dari pikiran bawah sadarnya. Jadi pikiran sadar bukan bagian yang terpisah dari pikiran bawah sadar, melainkan cerminan dari pikiran bawah sadar itu sendiri. Hanya memang kita jarang menyadarinya.

Pikiran bawah sadar memegang peranan yang sangat penting dalam perjalanan hidup seseorang. Didalam pikiran bawah sadar ini tersimpan segala kebiasaan, emosi, memori jangka panjang, citra diri, kreatifitas, nilai, persepsi, dan yang terpenting adalah keyakinan. Pikiran bawah sadar memiliki kumpulan database baku yang disebut Believe atau Keyakinan.

Lalu bagaimana proses pembentukan believe ini didalam pikiran bawah sadar ?

Believe terjadi atau dibuat berdasarkan kebiasaan-kebiasaan dan inputan yang masuk dari sedari kita dilahirkan. Bayi yang baru lahir sampai berumur tujuh tahun, hanya menggunakan pikiran bawah sadarnya. Segala inputan dari lingkungannya lah yang mengisi pikiran bawah sadarnya itu. Lalu lepas dari umur tujuh tahun, pikiran sadarnya baru mulai terbentuk. Dan seperti sudah kami jelaskan diatas. Pikiran sadar selalu mengikuti pikiran bawah sadar seseorang.

Karenanya, apabila Anda adalah orang tua, harap berhati-hati dengan keyakinan yang Anda inputkan kedalam pikiran bawah sadar anak Anda. Kita akan buat contoh kecil saja, misal dulu ibu Anda selalu berkata “Nak jangan main hujan-hujanan nanti kamu sakit!”. Saking seringnya ibu Anda memperingati Anda kalau main hujan-hujanan akan sakit. Maka, secara langsung hal itu masuk kedalam pikiran bawah sadar Anda. Akhirnya, setiap kali Anda secara sengaja, atau tidak sengaja kehujanan. Maka, Anda langsung sakit. Padahal teman-teman Anda, yang sama-sama kehujanan tidak sakit. Diposisi ini bukan berarti daya tahan tubuh Anda rentan, namun karena believe Anda yang bekerja secara otomatis.

Contoh lain, Anda sangat percaya kalau minum kopi akan membuat mual dan sakit maag. Suatu hari dalam acara meeting Anda disuguhi kopi, sebagai rasa hormat Anda pun terpaksa meminumnya. Tidak sampai habis satu cangkir, Anda pun langsung merasa mual seakan sakit maag. Disini Anda heran betapa rentannya lambung Anda, padahal ada teman meeting Anda yang minum bercangkir-cangkir kopi tapi tidak pernah sakit maag. Sebenarnya ini bukan masalah lambung Anda, namun keyakinan Anda yang percaya kalau kopi akan membuat mual dan sakit maag.

Dua contoh diatas adalah believe untuk sesuatu yang masih masuk kedalam kategori ringan. Namun bagaimana dengan believe lain yang masuk kedalam kategori serius. Seperti keyakinan tentang keuangan, hubungan, interaksi social, self image (pencintraan diri), metode belajar, spritualitas, dan lainnya. Karena semua urusan-urusan manusia dalam hidup ini, sangat ditentukan oleh believe yang tertanam didiri seseorang. Apa yang Anda yakini, adalah sesuatu yang sangat penting. Dialah penentu dan penanggung jawab dari kehidupan yang Anda jalani saat ini.

Cek daftar berikut ini baik-baik untuk melihat apakah Anda memiliki keyakinan yang sebenarnya menggangu urusan-urusan hidup Anda sendiri. Misal :

Aku perempuan terlalu lemah, Aku tidak bisa melakukan pekerjaan laki-laki.
Hidup itu susah, kita harus bekerja keras untuk semua yang kita capai.
Uang hanya akan menjadi penghancur hubungan.
Orang tua selalu benar dan harus didengar. Akan Durhaka kalau tidak menuruti orang tua.
Dan lain-lainnya….

Pikiran bawah sadar kita adalah hal yang sangat penting untuk kita perhatikan. Jika pikiran bawah sadar kita menerima negativitas, kekhawatiran, atau pernyataan-pernyataan yang membatasi. Maka begitulah pikiran bawah sadar akan bekerja dalam hidup kita. Jika pikiran bawah sadar Anda percaya pada kegagalan, kesusahan, masalah, dan kemiskinan. Maka dia (pikiran bawah sadar) akan mencoba berbagai macam cara untuk mewujudkan keyakinan-keyakinan itu. Apapun yang terkandung dipikiran bawah sadar dan pengalaman-pengalaman hidup yang telah Anda lewati itu terhubung satu sama lain. Kita tidak akan pernah terputus dari pikiran bawah sadar kita selamanya. Jadi sangat penting menanamkan keyakinan yang betul didalam diri seorang anak yang masih suci.

Lalu bagaimana dengan kita, yang believe nya sudah terlanjur tertanam kuat ? Bisakah keyakinan itu kita rubah?

Satu-satunya cara adalah kita harus menjadi sadar untuk masuk kedalam diri dan mengakui tiap-tiap believe yang kita miliki. Kami memiliki dua langkah yang bisa Anda jalani untuk meng-upgrade ulang keyakinan didalam pikiran bawah sadar Anda.


LANGKAH 1 :

Pilihlah sebuah kejadian dalam hidup yang dimana Anda mengalami kesulitan didalamnya. Seperti keuangan, hubungan, kesehatan, apapun itu. Lalu tuliskan semua keyakinan Anda tentangnya. Pada saat menulis Anda harus dalam kondisi tenang, jujur terhadap diri sendiri dan tidak menekan diri Anda sendiri dengan esuatu yang seharusnya Anda rasakan atau apa yang kelihatan bagus bagi Anda. Keyakinan yang Anda tulis harus benar-benar dari lubuk hati yang terdalam, dan tidak termanipulasi.
Apabila Anda melakukan ini dengan tingkat kejujuran 100%, maka ini akan sangat membantu untuk melihat keyakinan-keyakinan Anda sendiri.


LANGKAH 2 :

Setelah berhasil menuliskan list-list keyakinan Anda terhadap satu topik masalah. Maka buatlah list baru disampingnya. List ini berisi keyakinan-keyakinan baru yang lebih mendukung dan tidak membatasi.

Mari kita buat contoh :
List Keyakinan Lama :

1.       Berteman itu susah

2.       Aku tidak ditakdirkan untuk bahagia

3.       Sangat sulit mendapatkan uang

4.       Laki-laki itu semuanya buaya

5.       Perempuan itu menyebalkan

6.       Penyakit dari kecil ini akan terus kambuh dan tidak akan pernah sembuh

List Keyakinan Baru :

1.       Berteman itu mudah

2.       Aku ditakdirkan untuk bahagia

3.       Sangat mudah mendapatkan uang

4.       Laki-laki itu semuanya setia

5.       Perempuan itu menyenangkan

6.       Penyakit dari kecil ini tidak akan kambuh dan akan sembuh


Dengan menggunakan langkah diatas kita bisa menyadari diri tentang keyakinan-keyakinan yang tidak mendukung. Lalu dengan sadar merubahnya dengan keyakinan-keyakinan baru. Saran dari kami mohon fokuslah pada satu atau dua keyakinan baru selama satu bulan. Jangan memaksakan diri dengan mencoba melakukan terlalu banyak sekaligus.

Tanamkan dengan baik keyakinan-keyakinan baru itu melalui penyadaran diri dan mencoba pengalaman-pengalaman baru yang berkaitan. Berlatih secara sadar akan memberikan hasil yang sangat memuaskan. Seiring bulan-bulan berganti, Anda akan mendapati diri memiliki sejumlah keyakinan baru yang akan bekerja dahsyat untuk Anda.

Ingat satu hal, DIA selalu menginginkan yang terbaik bagi makhlukNYA. Karena itu dulu kita dianugerahi pikiran bawah sadar yang murni dan suci. Saatnya mengembalikan kembali kemurnianNYA dengan selalu menanam keyakinan yang baik.



Salam Semesta


Copyright © www.PesanSemesta.com

IG : @PesanSemesta.ig . FB : PesanSemesta.7
  •  
  •  
  • 0
  • April 06, 2019
admin16 admin16 Author

OFFICIAL CHANNEL



SUBSCRIBE ARTICLE

FREE E-BOOK

3# FREE DOWNLOAD E-BOOK - MENJADI AIR

DATABASE

COPYRIGHT

Seluruh artikel didalam website ini ditulis orisinil oleh tim penulis Pesan Semesta. Artikel yang kami share melalui website ini bukan hasil jiplakan, kutipan atau terjemahan.

Bagi pembaca yang ingin menghubungi penulis silahkan mengrim pesan melalui email : pesansemesta@yahoo.com


SALAM SEMESTA