Pesan Semesta.
melampaui batas menjadi satu

Bagaimana Caranya Membuat Kebahagiaan Instant ?









Sebelum kami menjawabnya, kami ingin Anda percaya terlebih dahulu. Percaya kalau memang seluruh manusia di takdirkan berbahagia termasuk Anda. Karena apa yang akan kami sampaikan adalah science bukan motivasi belaka.

Sahabatku… Setiap manusia memiliki konsep kebahagiaannya masing-masing. Anak-anak bahagia dengan mainan mobil, sementara orang dewasa bahagia dengan mobil sungguhan. Pengangguran bahagia diterima bekerja, karyawan bahagia membuka usaha. Semua kebahagiaan adalah konsep. Kita membuat-buat sejuta konsep kebahagiaan didalam pikiran kita. “Ohh andai seperti ini.. dan andai seperti itu.. maka aku akan bahagia”.

Adakah yang salah dari sini? Tidak ada yang salah hanya saja kita telah keliru. Kita keliru karena kita dengan sengaja menjadikan kebahagiaan sebagai rasa langka yang sulit dirasa.

Sahabatku… Dengan menjadikan kebahagiaan sebagai sejuta konsep akhirnya kebahagiaan menjadi sulit berwujud. Sulit karena syarat kebahagiaan yang kita konsepkan itu tidak atau belum kita penuhi. Seorang karyawan akan merasakan kebahagiaan kalau membuka usaha, maka itu dia belum berbahagia selama usahanya belum dipenuhi.

Akhirnya seseorang mati-matian mengejar kebahagiaan. Padahal kebahagiaan adalah sesuatu yang tidak bisa dikejar. Jelas kita tidak bisa mengejar bayang-bayang ketidak pastian. Apakah pasti dia akan membuka usaha? Belum pasti. Kalau begitu kebahagiaannya juga belum pasti, dan kalau belum pasti, maka apa yang dia kejar?

Apa yang Anda kejar sahabatku… Kalau kebahagiaan tidak bisa dikejar melainkan dibuat, dan Anda lah pembuat kebahagiaan itu. Kebahagiaan itu bukan berada di sejuta konsep yang Anda penuhi. Tapi dari sesuatu yang Anda buat, meski sejuta konsep itu belum atau bahkan tidak pernah Anda penuhi.

Lalu bagaimana caranya membuat kebahagiaan?

Selama ini jujur kita telah sangat jahat dengan diri kita sendiri. Kita mempersulit sesuatu yang telah dimudahkan olehNYA. Kita berdoa memohon kebahagiaan kepadaNYA, padahal DIA sudah membuatkan kita alat-alat untuk berbahagia. Lengkap, otomatis dan full capacity, artinya kita bisa membuat berton-ton kebahagiaan dalam hidup kita hanya dengan memencet satu tombol. Dan taraaaa… Berbahagialah Anda. Sangat gratis, mudah, tanpa perlu lelah mengejar, tanpa perlu stress, dan hampir tanpa perlu apapun.

Anda makin penasaran? Pasti! Karena yang kita tahu; kebahagiaan bukan harga yang murah dalam hidup ini. Seumur hidup kita menjadi budak kebahagiaan dan saat ini, ada yang berkata kepada Anda; kalau kebahagiaan sangat gratis, mudah, tanpa perlu lelah mengejar, tanpa perlu stress, dan hampir tanpa perlu apapun. Pastilah kalau Anda penasaran.

Sahabatku…

Ketika kita bertanya pada diri sendiri apa yang membuat kita bahagia, kita sering memikirkan konsep keadaan, harta benda, atau orang-orang dalam hidup kita. Padahal pada kenyataannya, kebahagiaan sebagian besar merupakan pengalaman kimiawi. Terdapat empat neurokimia utama, hormon, dan neurotransmitter yang dihasilkan dalam otak yang pada dasarnya bertanggung jawab untuk menciptakan sensasi dan emosi yang kita asosiasikan, termasuk kebahagiaan.

Artinya; apabila jasad Anda tidak bisa mengolah pengalaman kimiawi ini, maka jangan harap Anda akan merasakan kebahagiaan, meskipun Anda memiliki segudang alasan untuk berbahagia. Begitu juga apabila Anda berhasil memerintahkan jasad Anda untuk mengolah kimiawi ini, maka Anda bisa merasakan kebahagiaan instant, tanpa memiliki satu pun alasan untuk berbahagia.

Itulah kenapa ada istilah bijak yang berkata “Kebahagiaan hadir bukan dari luar, melainkan dari dalam”. Dan memang betul, Anda lah pembuat kebahagiaan. Bukan sejuta konsep ataupun keadaan. Mari kita mempelajarinya sekarang.

Sahabatku… Semua emosi kita disebabkan oleh hormon-hormon tertentu dalam tubuh. Tidak terkecuali kebahagiaan. Banyak bahan kimia yang dilepaskan di otak sebagai respons terhadap kebahagiaan termasuk endorphin, dopamin, serotonin, dan oksitosin. Ini adalah sebagian neurotransmitter yang diaktifkan otak. Neurotransmitter sendiri adalah bahan kimia yang dilepaskan dari sel-sel saraf kita yang menginformasikan bagian lain dari tubuh kita

Kedokteran telah menciptakan obat untuk menargetkan reseptor ini di otak. Obat penenang, pil oksitosin, berbagai macam pil endorphin termasuk morfin, adalah diantara banyak obat-obatan itu. Karena itulah ada istilah penyalah gunaan obat-obatan. Namun, ada cara alami untuk mengaktifkan bagian otak ini tanpa obat-obatan kimia yang merusak. Lalu bagaimana caranya?

Sahabatku… Tahukan Anda kalau bersyukur adalah pikiran positif yang mampu meledakkan kadar dopamin tinggi di otak?  Neuroscience telah menemukan hubungan antara pikiran positif dan aktivasi neurotransmitter tertentu. Jadi dengan memusatkan perhatian pada hal-hal yang disyukuri memaksa perubahan jasad ke fase yang lebih positif. Karena tindakan sederhana ini mampu merangsang lebih banyak neurotransmiter di otak kita, khususnya dopamin dan serotonin, yang meningkatkan perasaan puas. Inilah sebabnya mengapa dopamin dan serotonin sering disebut sebagai "bahan kimia bahagia."

Ketika Anda memfokuskan pikiran pada kebaikan, Anda akan merasa baik. Merasa baik adalah dasar dari segala kebahagiaan. Anda merasa baik dengan bersyukur, maka itu jasad langsung mengatur kebahagiaan INSTANT buat Anda. Ini semua karena Anda memilih bersyukur.

Ini adalah jawaban yang sangat mengejutkan untuk berbahagia. Jadi sejuta konsep kebahagiaan tidak lagi berlaku, kalau Anda memilih bersyukur. Bersyukur bukan sekedar ucapan terimakasih, namun lebih dari itu. Bersyukur artinya rasa menerima segalanya secara rela tanpa alasan atau syarat dari ego. Syukur adalah tentang rasa bukan ucapan. Ada iringan rasa saat bersyukur. Jadi lafaz syukur terbaik adalah rasa penerimaan Anda, bukan lafaz-lafaz terimakasih Anda. Lafaz-lafaz itu tidak akan berpengaruh pada kebahagiaan instant tanpa adanya penyertaan rasa.

Muncul pertanyaan disini. Bagaimana mengaktifkan kemampuan menerima secara rela yang tulus, sehingga rasa syukur bisa muncul tanpa alasan atau syarat dari ego? Jadi ego tidak lagi memperbudak dan mengontrol kebahagiaan kita. Untuk pertanyaan ini Anda bisa menemukan jawabannya pada artikel kami sebelumnya silahkan klik link berikut (https://www.pesansemesta.com/2019/04/menjaga-syukur-yang-sebenarnya.html).

Akhir kata sahabatku… Memang untuk merasakan kebahagiaan kita tidak memerlukan sejuta konsep kebahagiaan, tidak perlu syarat, sangat gratis, mudah, tanpa perlu lelah mengejar, tanpa perlu stress, dan hampir tanpa perlu apapun, selain rasa syukur Anda. Mulai hari ini biarkan rasa syukur yang Anda bawa mengambang dalam kebahagiaan instant yang abadi.

Salam Semesta
Copyright © www.PesanSemesta.com

  •  
  •  
  •  
  •  
  • 0
  • Juni 19, 2019
admin16 admin16 Author

OFFICIAL CHANNEL



SUBSCRIBE ARTICLE

FREE E-BOOK

3# FREE DOWNLOAD E-BOOK - MENJADI AIR

DATABASE

COPYRIGHT

Seluruh artikel didalam website ini ditulis orisinil oleh tim penulis Pesan Semesta. Artikel yang kami share melalui website ini bukan hasil jiplakan, kutipan atau terjemahan.

Bagi pembaca yang ingin menghubungi penulis silahkan mengrim pesan melalui email : pesansemesta@yahoo.com


SALAM SEMESTA