Pesan Semesta.
melampaui batas menjadi satu

DIMANAKAH UMUR KITA?


Sahabatku… Kita tentunya percaya dengan umur kita, jelas kita telah menghitungnya dari awal kelahiran. Tapi dimana kita menghitungnya akan sangat berpengaruh. Karena kita adalah makhluk planet Bumi maka, umur kita adalah umur makhluk Bumi. Bagaimana kalau kita menghitung umur kita di dalam ukuran waktu planet lain, akankah akan sama? Jangan percaya dulu!


Anggaplah Anda lahir pada Oktober 1986, menurut hitungan planet Bumi umur Anda sekarang adalah 32.8 tahun. Tapi ini tidak berlaku kalau Anda berada diplanet lain! Venus 53.3 tahun - Mars 17.4 tahun - Jupiter 2.76 tahun - Saturnus 1.11 tahun - Uranus 0.39 tahun - Neptunus 0.19 tahun - Pluto 0,131.


MENGAPA USIA ANDA BERBEDA DI PLANET DUNIA LAIN?

Seperti yang bisa kita lihat dari bulan dan tahun kelahiran yang sama muncul banyak versi, tergantung di planet mana kita berada. Usia kita berubah, ada yang menjadi lebih tua dan ada yang menjadi lebih sangat muda.  Jadi bagaimana kita mendefinisikan satu hari dan satu tahun di sebuah planet?

Bumi, dan semua planet lain, terus bergerak. Ada banyak jenis gerakan yang terjadi secara bersamaan. Untuk menentukan hari di planet dan satu tahun di planet, ada dua jenis gerakan utama.

GERAKAN PERTAMA adalah rotasi aksial, atau sumbu.

Ini adalah gerakan memutar planet yang sebenarnya, dan mirip dengan putaran atas. Lamanya waktu yang dibutuhkan sebuah planet untuk menyelesaikan satu putaran penuh pada porosnya adalah apa yang akan kita ukur sebagai satu hari.

Di Bumi, dibutuhkan sedikit kurang dari 24 jam untuk berputar pada sumbunya dan ini satu hari. Kecepatan rotasi sumbu di planet-planet bervariasi, dan inilah sebabnya usia Anda berbeda di setiap planet. Kecepatan rotasi planet pada porosnya ditentukan oleh sejumlah faktor kompleks, termasuk seberapa cepat materi asli "berputar" ketika planet pertama kali terbentuk.

Misalnya Jupiter memiliki kecepatan rotasi tercepat dari semua planet dan hanya membutuhkan waktu 9,92496 jam Bumi untuk menyelesaikan rotasi penuh pada porosnya. Sebagai perbandingan, Venus membutuhkan 243.018 hari untuk menyelesaikan satu rotasi.

GERAKAN KEDUA adalah revolusi planet saat bergerak mengelilingi Matahari.

Ini sering disebut sebagai orbit planet atau jalur orbit. Di Bumi, kita tahu bahwa satu tahun membutuhkan 365,26 hari Bumi. Ini adalah berapa lama yang dibutuhkan Bumi untuk berputar mengelilingi Matahari.

Pluto, planet kerdil, memiliki jalur orbit yang sangat besar dan butuh hampir 248 tahun untuk menyelesaikan satu revolusi penuh di sekitar Matahari. Inilah mengapa usia Anda di Pluto di atas masih sangat muda.

Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari dan memiliki jalur orbit yang lebih kecil - hanya membutuhkan 88 hari Bumi bagi planet untuk mengorbit sekali mengelilingi Matahari.


Sahabatku... Sampai disini tidak ada pilihan lain, selain kita akan tetap menggunakan angka umur di planet Bumi. Dimana lagi kita berada selain di Bumi. Suatu saat mungkin kita akan membahas, apakah perbedaan umur di beberapa planet ini mampu merubah susunan jasad juga atau tidak? Tapi sebelumnya, beranjak dari fakta ilmiah diatas, akhirnya kita menjadi mengerti ternyata angka umur kita bersifat sangat relatif. Tergantung dimana umur kita berada.

Ternyata sama sekali tidak ada yang bisa kita banggakan atau kita sebut nyata lagi dari umur. Saat berdiri didepan cermin pada hari ulang tahun Anda yang ke 54, maka coba tanyakan ke diri sendiri “Dimanakah umur saya yang 54 tahun? Kemanakah mereka pergi? Apa yang telah saya hitung dari umur saya? Enam tahun lagi umur saya 60 Tahun, maka akan kemakah mereka juga akan pergi?”

Tua itu ibarat orbit planet, semakin kita mengharapkan angka yang berkurang untuk bertambah, maka kita akan tetap melaju menuju tua. Kita bisa langsung pergi ke planet Venus untuk menjadi tua lebih cepat. Tapi bukankah kebanyakan kita mengharapkan umur yang panjang, tapi tidak buru-buru menua? Ini adalah harapan yang tidak salah. Menjadi tua adalah ketentuan waktu planet bumi, penuaan adalah pilihan (kita akan membahas ini esok).

Kesalahan terbesarnya adalah; kita mengharapkan umur yang panjang, tapi tidak buru-buru tua, tanpa melakukan fungsi apa-apa selain menjadi tua.

Bagaimana mungkin kita masih mengharapkan angka yang bertambah, padahal kita tidak tahu apa-apa dari fungsi umur yang bertambah itu, selain membuat diri kita menjadi tua? Adakah fungsi dari umur kita selain untuk menjadi tua?

Sahabatku… Kita tidak bisa mengharapkan angka yang berkurang untuk bertambah. Kita hanya bisa memanfaatkan Angka itu untuk melakukan fungsinya. Lalu apa itu fungsi umur Kita?

Umur tetaplah Angka. Matimatikanya akan tetap sama seperti itu. Lagi pula apa manfaatnya kita mengharapkan angka yang bertambah, kalau ditempat lain didalam semesta ini angka itu sudah bertambah atau juga sudah berkurang? 

Coba pikirkan dan renungkan sahabatku… Sebelum kita mengharapkan umur yang bertambah kepadaNYA, maka biarkan diri menjawab terlebih dahulu, apa itu fungsi umur yang telah dia lewatinya? Karena rahasianya, tanpa perlu mengharapkan umur yang bertambah. Sebenarnya kematian hanya akan menjadi awal kehidupan, kalau kita bisa menfungsikan umur yang sekarang. 


Salam Semesta

Copyright © www.PesanSemesta.com

  •  
  •  
  • 0
  • Juli 22, 2019
admin16 admin16 Author

OFFICIAL CHANNEL



FREE E-BOOK

3# FREE DOWNLOAD E-BOOK - MENJADI AIR

DATABASE

COPYRIGHT

Seluruh artikel didalam website ini ditulis orisinil oleh tim penulis Pesan Semesta. Artikel yang kami share melalui website ini bukan hasil jiplakan, kutipan atau terjemahan.

Bagi pembaca yang ingin menghubungi penulis silahkan mengrim pesan melalui email : pesansemesta@yahoo.com


SALAM SEMESTA