Pesan Semesta.
melampaui batas menjadi satu

EMPAT ELEMEN SEMESTA ADA DIDALAM JASAD



Faktanya jasad manusia adalah mikrokosmos dari Semesta. Di dalam semesta secara kasat mata segalanya selalu berhubungan dan tersusun dari empat elemen yang seimbang ini, yaitu;  tanah, air, api dan udara.

Sayangnya kita menghiraukan hal ini, padahal jasad kita harus mengelola keempat elemen ini dengan baik dan benar. Itu karena jasad manusia seperti Alam Semesta yang kecil, penting untuk mencapai keseimbangan antara empat elemen di dalam jasad untuk kesehatan dan kesejahteraan kita sendiri.
Para ilmuwan percaya bahwa  dari sekian unsur yang diketahui penting untuk kehidupan manusia. Hanya empat di antaranya - karbon (C), oksigen (O), hidrogen (H) dan nitrogen (N)  yang membentuk sekitar 96% dari jasad manusia.

Kalau kita hubungkan empat unsur jasad ini dengan empat elemen semesta yang sedang kita bahas, maka kita akan menemukan kuncinya. Pada kesempatan kali ini, mari kita melihat keterhubungan sempurna antara empat elemen semesta dan empat unsur jasad kita.


1# Unsur pertama karbon adalah elemen tanah

Karbon adalah elemen tanah yang hidup tidak hanya di tanah tapi segalanya. Termasuk jasad manusia. Karbon adalah blok pembangun dasar bagi sebagian besar sel dalam jasad. Karbon membentuk 18% dari jasad manusia. Gula dalam jasad seperti glukosa menahan unsur karbon. Dan karbon dicerna ke dalam jasad dengan mengonsumsi karbohidrat.

Karbon sangat penting bagi kehidupan karena ia terikat dalam berbagai cara untuk membentuk senyawa yang dibutuhkan jasad kita setiap hari. Setiap organisme hidup mengandung karbon dengan berbagai cara. Karena karbon digunakan di jasad dalam sistem pernapasan. Ketika oksigen digunakan dalam jasad, ia dicampur dengan karbon yang menghasilkan karbon dioksida.

Karbon dicampur dengan karbon dioksida saat berada di jasad kita. Tetapi kekurangan atau terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan. Jika kita kebanyakan karbon, itu dapat menyebabkan muntah parah, pembatasan aliran darah dan penyakit paru-paru. Dan jika kekurangan otot tegang dan menyebabkan orang menjadi tegang, cemas, stres dan bahkan agresif.

Pertanyaannya dari mana kita mendapatkan karbon ?

Karbon adalah blok bangunan untuk semua kehidupan di Bumi dan sebagian besar dari jumlah total yang dimiliki Bumi dalam kehidupan dan molekul organik mati. Itu berarti tidak hanya pada atau hewan, tetapi juga dalam hal-hal seperti bahan bakar fosil. Karbon juga ditemukan di atmosfer di mana ia merupakan bagian dari gas karbon dioksida yang dipancarkan ketika bahan bakar fosil dibakar dan ketika organisme hidup bernafas.

Karbon pasti juga banyak dalam bahan organik di tanah, dan di batu. Namun jauh dan jauh karbon paling banyak di Bumi disimpan ternyata di tempat yang mengejutkan: lautan. Diperkirakan ada 38.000 hingga 40, 000 miliar metrik ton karbon di lautan itu sendiri dengan 66 juta hingga 100 juta miliar metrik ton karbon dalam sedimen laut dan batuan sedimen.

Sedimen dan batuan itu terbentuk dari cangkang keras dan bagian tubuh organisme laut yang menyerap karbon di dalam air. Ketika mereka mati, tubuh mereka tenggelam ke dasar laut, dan bagian-bagian yang keras terurai menjadi sedimen, yang kemudian dibentuk menjadi batuan sedimen.


2# UNSUR KEDUA HIDROGEN ADALAH ELEMEN AIR

Hidrogen adalah elemen air. Sebagian besar materi di alam semesta apakah planet dll terutama terdiri dari hidrogen saja.

Hidrogen adalah komponen penting air. Hidrogen adalah unsur paling melimpah di Alam Semesta. Sekitar 90 persen dari semua atom terbuat dari hidrogen. Ini adalah elemen yang ada dalam semua cairan tubuh manusia yang memungkinkan racun dan limbah diangkut dan dihilangkan.

Dengan bantuan sambungan hidrogen di tubuh kita tetap dilumasi dan mampu menjalankan fungsinya. Bahkan sistem kekebalan tubuh tetap sehat karenanya. Oleh karena itu tidak salah untuk mengatakan bahwa hidrogen adalah elemen yang memainkan peran penting bagi keberadaan kehidupan manusia.

Karena air, sel-sel tubuh tetap terhidrasi dan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Nutrisi juga diangkut ke sel, sendi tetap dilumasi dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

Hidrogen membantu dalam menghasilkan energi dalam tubuh. Seperti, kita tahu bahwa tubuh manusia menggunakan energi dalam bentuk ATP (Adenosine tri phosphate). Kami mengkonsumsi energi yang memberi makanan seperti karbohidrat yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Enzim yang ada dalam tubuh kita membantu pencernaan makanan dan memecah makanan kompleks menjadi lebih sederhana.

Juga Hidrogen bertanggung jawab untuk memperlambat proses penuaan tubuh. Tahukah Anda bahwa penuaan disebabkan oleh zat yang ada dalam tubuh yang disebut radikal bebas? Hidrogen disimpan dalam jaringan tubuh kita yang melindungi kita dari kerusakan yang bisa dilakukan oleh radikal bebas.

Hidrogen mudah terbakar pada konsentrasi antara 4% dan 75% di udara, yang merupakan kisaran yang sangat luas dibandingkan dengan bahan bakar umum lainnya. Kebakaran hidrogen memiliki panas radiasi rendah, sehingga kita tidak dapat merasakan kehadiran nyala api sampai kita sangat dekat dengannya (atau bahkan di dalamnya).

Tapi harus diperhatikan kalau diperlukan oksigen (atau udara) dan sumber penyalaan agar pembakaran terjadi.


3# UNSUR KETIGA OKSIGEN ADALAH ELEMEN API  

Oksigen terkenal sebagai udara yang harus kita hirup. Oksigen juga terkenal sebagai pemicu pembakaran yang utama. Jadi ketimbang dimasukkan kedalam elemen udara, oksigen sebenarnya lebih tepat masuk ke dalam elemen api.

Setiap jasad membutuhkan oksigen. Setiap jaringan dan setiap sel dalam tubuh membutuhkan pasokan oksigen yang konstan untuk bekerja dengan baik. Saat kita berbicara sel, maka kita berbicara hampir 99% jasad manusia.

Oksigen masuk ke sel dan jaringan kita melalui paru-paru. Paru-paru menghirup oksigen dari udara, kemudian memasukkan oksigen ke dalam aliran darah melalui jutaan kantung udara kecil yang disebut alveoli. Hemoglobin dalam sel darah merah kemudian mengambil oksigen dan membawanya ke jaringan dan sel-sel jasad.

Tanpa oksigen, maka tidak ada pembakaran. Tidak ada pembakaran, maka resikonya adalah tidak adanya energy untuk sel-sel jasad itu sendiri. Kita harus paham alasan utama manusia melakukan proses respirasi adalah karena kita membutuhkan udara untuk bernafas dan karena oksigen pada akhirnya adalah bahan bakar yang memungkinkan sel kita untuk menghasilkan energi dari makanan yang kita makan. ATP tidak akan diproduksi oleh mitokondria tanpa bahan pemicu pembakaran yang disebut oksigen.


 4# Elemen keempat nitrogen ADALAH ELEMEN UDARA

Nitrogen adalah elemen udara. Dimana secara volume, udara kering mengandung 78,09% nitrogen , 20,95% oksigen , 0,93% argon , 0,04% karbon dioksida , dan sejumlah kecil gas lainnya. Setiap saat jasad kita menghirupnya, mengelolanya dan mengambil manfaat darinya.
Apa jadinya jasad manusia tanpa nitrogen?

Nitrogen adalah bagian penting dari jasad kita. Semua asam amino mengandung nitrogen dan ini adalahblok bangunan yang membentuk protein di rambut, otot, kulit, dan jaringan penting lainnya.Nitrogen adalah bagian penting dari DNA, yang mendefinisikan seperti apa kita dalam banyak hal. Kita tidak bisa bertahan hidup tanpa nitrogen dalam makanan kita - kita mendapatkannya dalam bentuk protein.

------



Sahabatku… Masing-masing bagian penyusun jasad manusia terdiri dari empat elemen atau empat unsur, dalam proporsi yang berbeda-beda. Gerakan, dari empat elemen atau unsur ini terus berlangsung, sehingga perubahan adalah proses yang berkelanjutan dalam jasad manusia. Perubahan ini bisa bersifat siklus, seperti dalam siklus asupan dan eliminasi makanan, atau progresif seperti pertumbuhan tumor kanker dan penyakit lainnya.

Kita cenderung menganggap penyakit sebagai pengganggu dari luar. Kita menganggapnya sebagai sesuatu untuk dilawan dan dihancurkan. Namun sebenarnya penyakit dapat dilihat sebagai manifestasi fisik dari ketidakseimbangan internal.

Ketidakseimbangan internal sendiri salah satunya disebabkan oleh ketidakseimbangan kita dalam mengelola keempat elemen di dalam jasad. Jadi hubungannya empat elemen dengan kesehatan, benar-benar sangat nyata.

Tulisan ini akan menjadi langkah awal penyadaran bagi kita untuk mulai fokus memperhatikan empat unsur didalam jasad ini sehingga keseimbangan keempat elemen kita TIDAK tergangu.

Sahabatku… Mulai sekarang kita akan terus menjaga keseimbangan elemen diri kita, dan ini kita lakukan karena kita paham kalau selama kita tidak merawat akar penyebabnya, maka ketidakseimbangan internal dapat terus bermanifestasi dalam bentuk ketidaknyamanan, penyakit, atau gangguan fisik.

Itu hanya karena Dzat Maha sudah membentuk kehidupan semesta dengan hukum sebab dan akibat. Sekarang mari kita mulai belajar selalu membuat sebab terbaik untuk menerima akibat terbaik bagi kesehatan dan kesejahteraan jasad. 

Salam Semesta

Copyright 2020 © www.pesansemesta.com

  • 0
  • Januari 20, 2020
admin16 admin16 Author

OFFICIAL CHANNEL



FREE E-BOOK

3# FREE DOWNLOAD E-BOOK - MENJADI AIR

DATABASE

COPYRIGHT

Seluruh artikel didalam website ini ditulis orisinil oleh tim penulis Pesan Semesta. Artikel yang kami share melalui website ini bukan hasil jiplakan, kutipan atau terjemahan.

Bagi pembaca yang ingin menghubungi penulis silahkan mengrim pesan melalui email : pesansemesta@yahoo.com


SALAM SEMESTA