Pesan Semesta.
melampaui batas menjadi satu

MITOKONDRIA ANTARA JASAD DAN JIWA



“Apakah betul kalau mitokondria kita bagus, maka energy sel kita juga bagus?” Melalui anugerahNYA izinkan kami menjawab.

Sahabatku… Setiap makhluk hidup terbuat dari sel. Sel adalah hal terkecil yang dapat mereproduksi dirinya sendiri. Ketika kita melihat ke dalam sel, kita melihat bahwa sel memiliki sub-sub yang masih lebih kecil, yang dikenal sebagai "Organel" yang melakukan fungsi berbeda yang penting bagi sel untuk terus hidup.

Mitokondria adalah organel yang ditemukan dalam sel-sel setiap organisme kompleks. Mereka menghasilkan sekitar 90% energi kimia yang dibutuhkan sel untuk bertahan hidup.

Segala sesuatu yang dilakukan jasad, dari bergerak hingga berpikir membutuhkan energi. Energi yang kita gunakan berasal dari protein, gula, dan lemak dalam makanan kita.

Namun manusia tidak dapat menggunakan ketiga bahan ini secara langsung, kita perlu mengubah ketiga bahan ini menjadi bentuk energi yang dapat digunakan oleh sel atau yang disebut ATP.

Itulah kenapa jasad kita sepenuhnya bergantung pada energi yang diperoleh dari makanan yang kita makan, bukan bergantung pada makanannya. Karena apapun makanan yang kita makan akan mengalami banyak proses didalam jasad hingga akhirnya melepaskan ATP.

ATP atau Adenosine Tri-Phosphate adalah satuan energi sel. Ini adalah salah satu sumber energi terpenting dan utama jasd. ATP digunakan di hampir semua fungsi anggota jasad.

Dalam jasad setiap makhluk hidup, konversi dari energi makanan ke ATP terjadi di mitokondria.

Mitokondria adalah bagian dari sel yang berfungsi mengubah protein, gula, dan lemak yang kita makan, menjadi bentuk energi kimia yang dapat digunakan jasad untuk melanjutkan kehidupan.

Tidak ada  energi, tidak hidup! Inilah mengapa penting bagi kita untuk memahami cara kerja mitokondria, dan mengetahui apa saja kebutuhannya.

Memahami cara kerja mitokondria sama seperti mengetahui bagaimana jasad kita menghasilkan energi yang membuatnya tetap hidup. Tapi sebenarnya mitokondria sendiri berfungsi lebih dari sekedar menghasilkan energi.  Lalu apa saja fungsi mitokondria didalam sel :

1.                  Mitokondria mengkonversi gula, lemak dan protein dari makanan kita menjadi ATP yaitu jenis energy yang kita butuhkan untuk pasokan energy sel. Ini penting untuk memetabolisme atau memecah karbohidrat dan asam lemak untuk menghasilkan energi. Sel eukariotik menggunakan energi dalam bentuk molekul kimia yang disebut ATP (adenosin trifosfat). Manusia merupakan organisme eukariotik. Ini berarti bahwa semua sel manusia — termasuk yang ditemukan di otak, jantung, otot, dan sebagainya — juga eukariotik.

2.                 Mitokondria memproduksi bahan kimia yang dibutuhkan jasad. Mitokondria mengandung beberapa enzim spesifik yang dibutuhkan untuk produk-produk penting dalam tubuh manusia, seperti d-amino levulinic acid synthetase yang dibutuhkan untuk membuat hemoglobin.

3.               Mitokondria memecah produk limbah dalam jasad sehingga tidak berbahaya, dan mendaur ulang beberapa produk limbah tersebut untuk menghemat energi.

4.                Yang tidak kalah penting, bahwa mitokondria juga memiliki peran khusus dalam membuat sel mati. Ini mungkin terdengar aneh, tetapi sangat penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan jasad manusia. Jadi selain membuat beberapa sel tetap hidup, mitokondria pun membuat beberapa sel harus mati. Karena terkadang sel tidak mati ketika seharusnya dia mati. Akhirnya sel mulai tumbuh tanpa terkendali. Dan ini adalah cikal bakal penyebab tumor mulai tumbuh. Jadi penyebab awal seseorang terkena tumor adalah karena sel mitokondria dalam jasadnya tidak bekerja optimal lagi.

MITKOKONDRIA BISA RUSAK, yaitu saat mitokondria tidak lagi menghasilkan energy bagi sel atau salah (error) dalam melakukan fungsi.

Pertanyaannya: Kenapa mitokondria penghasil energi sel bisa tidak lagi menghasilkan energi sel atau error (rusak) dalam menghasilkan energi sel?

Salah satu yang dibutuhkan mitokondria untuk menghasilkan semua  energi dan melakukan fungsinya adalah oksigen. Mitokondria membutuhkan oksigen – Harap diingat.

Mitokondria secara efektif membakar makanan kita dengan cara yang terkontrol dan hati-hati untuk menghasilkan energi kimia melalui proses yang disebut “fosforilasi oksidatif”. Jadi mitokondria sama halnya seperti api yang akan padam tanpa oksigen, jika mitokondria kekurangan oksigen, mereka juga berhenti bekerja. Jadi oksigen bukan hanya berfungsi untuk bahan kita bernafas, tapi juga bahan kita mendapatkan  energi. Tidak ada  energi, tidak hidup!

Manusia bisa kekurangan oksigen saat tidak bisa bernafas. Tapi sebenarnya bukan hanya itu yang membuat kita kekurangan oksigen. Ada hal yang sering kita lakukan secara sengaja yang membuat jasad kita otomatis kekurangan oksigen, yaitu STRESS.

Salah satu hormon stres terpenting pada manusia adalah kortisol glukokortikoid. Glukokortikoid ini memainkan peran utama dalam respons otak terhadap stress. Para peneliti menemukan bahwa kortisol mengubah fungsi mitokondria. Karena stress dapat membuat jasad kita otomatis kekurangan oksigen. Sementara mitkondria selalu membutuhkan oksigen untuk memberi energy kepada sel.

Sesuatu yang sama-sama berhubungan. Karena pastinya stress dapat menyebabkan darah kurang mengirimkan oksigen ke jantung dan otak. Kedua organ ini akhirnya melakukan banyak pekerjaan dan membutuhkan banyak energi. Tetapi tanpa oksigen, mitokondria berhenti bekerja, dan ini bisa menyebabkan sel-sel di otak atau jantung bisa rusak atau bahkan mati.

Sebaliknya, jika oksigen kembali normal, maka mitokondria menjadi error, mitokondria akan kewalahan dan menghasilkan banyak "radikal bebas". Ini adalah bahan kimia yang sangat reaktif yang akhirnya menyebabkan banyak kerusakan didalam jasad manusia.

Berarti ada dua jawaban penting dari kenapa mitokondria manusia bisa error atau berhenti bekerja; yaitu kekurangan oksigen dan stress.

Sahabatku… Iya betul kalau mitokondria kita bagus, maka energy sel kita juga bagus. Jadi mulai dari sini kita bisa memahami kalau jasad kita bukan hanya membutuhkan makanan fisik, tapi juga makanan rohani.

Selain jasad kita yang makan, jiwa kita juga harus makan. Kalau jasad kita kenyang, maka jiwa kita juga harus kenyang.

“JASAD AKAN MEMPERBAIKI & MENJAGA JIWA DAN BEGITU SEBALIKNYA JIWA JUGA MAMPU MEMPERBAIKI & MENJAGA JASAD”

Salam Semesta

Copyright 2020 © www.pesansemesta.com

  •  
  •  
  •  
  •  
  • 0
  • Januari 16, 2020
admin16 admin16 Author

OFFICIAL CHANNEL



FREE E-BOOK

3# FREE DOWNLOAD E-BOOK - MENJADI AIR

DATABASE

COPYRIGHT

Seluruh artikel didalam website ini ditulis orisinil oleh tim penulis Pesan Semesta. Artikel yang kami share melalui website ini bukan hasil jiplakan, kutipan atau terjemahan.

Bagi pembaca yang ingin menghubungi penulis silahkan mengrim pesan melalui email : pesansemesta@yahoo.com


SALAM SEMESTA